Dosen :
Dr. Syamsurizal, M.Si
Pertemuan III (Sabtu, 10 September 2016)
Ciri-ciri
abad 21:
1.
Informasi
Informasi
pada abad 21 lebih mudah didapat, karena tersedia dimana saja dan kapan saja. Informasi diperoleh dari suatu data dan fakta,
dan bila dikembangkan akan menjadi pengetahuan.
Pada proses
pembelajaran abad 21, siswa tidak lagi bertindak sebagai penerima informasi,
tetapi sebagai pencari informasi. Informasi dapat diperoleh dari berbagai
sumber observasi.
Model pembelajaran
yang tepat diterapkan pada abad 21 adalah model pembelajaran Inquiry dan
Discovery.
Ada 3
syarat model pembelajaran inquiry dan discovery kondusif untuk diterapkan, yaitu:
a. Adanya fasilitas,
misalnya: internet
b.
Intake (prasyarat
pengetahuan) yang dimilki siswa dan guru
c.
Skill (
keterampilan) guru dalam mengelola pembelajaran.
Contoh:
guru harus memiliki keterampilan dalam bertanya, sehingga menumbuhkan rasa
ingin tahu pada diri siswa yang akhirnya memotivasi siswa untuk
mencari/menggali informasi sendiri.
2.
Komputasi
Dengan adanya
komputer, bekerja dan menghitung menjadi lebih cepat.
Pembelajaran
diarahkan untuk mampu merumuskan masalah (menanya), bukan hanya menyelesaikan
masalah atau menjawab.
3.
Otomasi
Menjangkau
segala pekerjaan rutin.
Pembelajaran
diarahkan untuk berpikir analitis dalam pengambilan keputusan, bukan berpikir
mekanistis (rutin).
Model pembelajaran
yang tepat untuk diterapkan adalah Problem
Based Learning (PBL).
4.
Kominukasi
Pembelajaran
yang menekankan pentingnya kerjasama dan kolaborasi dalam menyelesaikan
masalah.
Pembelajaran
abad 21 sangat membutuhkan tekhnologi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar