SUMMARY PERKULIAHAN
MATA KULIAH MODEL DAN EVALUASI PEMBELAJARAN
Dosen :
Dr. Syamsurizal, M.Si
Pertemuan I (Sabtu, 27 September 2016)
·
Pengertian
Belajar
Belajar
adalah usaha sadar dan sengaja yang
dilakukan oleh setiap individu untuk mengalami perubahan. Perubahan yang
dimaksud di sini bisa berupa kemampuan (kognitif), keterampilan (psikomorik)
ataupun sikap (afektif).
Tanpa
adanya rasa sadar akan pentingnya menguasai suatu ilmu, maka proses belajar
tidak akan berlangsung dengan baik. Jadi, untuk mencapai hasil belajar yang
maksimal maka dalam diri setiap individu harus ditumbuhkan rasa sadar. Adanya
rasa sadar akan pentingnya suatu ilmu akan memunculnya rasa ingin tahu pada
diri setiap individu.
Dengan
kata lain, proses belajar itu haruslah dimulai secara intrinsik.
Pada
dasarnya, manusia memiliki potensi kecerdasan yang berbeda-beda dan melalui
proses belajar maka kecerdasan itu akan terasah.
·
Ada 8
macam kecerdasan manusia, yaitu:
1.
Kecerdasan
lingustik
2.
Kecerdasan
kinestetik
3.
Kecerdasan
logika matematik
4.
Kecerdasan
musik
5.
Kecerdasan
visual dan spasial
6.
Kecerdasan
natural
7.
Kecerdasan
interpersonal
8.
Kecerdasan
intrapersonal
Ø Kecerdasan linguistik adalah kemampuan dalam
menggunakan kata-kata baik secara lisan ataupun tertulis. Contoh:
Ø Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan
dalam menggunakan seluruh anggota tubuh, atau bagian tubuh (seperti tangan atau
mulut), untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan. Contoh: penari.
Ø Kecerdasan logika matematik adalah kemampuan dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun
solusi yang masuk akal.
Ø Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk
menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan
bentuk-bentuk musik. Hal ini meliputi adanya kepekaan terhadap irama,
ketukan, nada, melodi dan warna nada. Bisa menghasilkan kemampuan untuk
menyanyi, memainkan alat musik, dan menulis musik ataupun menulis musik.
Ø Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan
spasial secara akurat (cermat). Visual artinya gambar, spasial yaitu hal-hal
yang berkenaan dengan ruang atau tempat. Kecerdasan ini melibatkan kesadaran
akan warna, garis, bentuk, ruang, ukuran dan juga hubungan di antara
elemen-elemen tersebut. Kecerdasan ini juga melibatkan kemampuan untuk melihat
obyek dari berbagai sudut pandang.
Ø Kecerdasan natural adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat
kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun lingkungan. Intinya adalah
kemampuan manusia untuk mengenali tanaman, hewan dan bagian lain dari alam
semesta.
Ø
Kecerdasan
interpersonal ialah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan
perasaan orang lain. Peka pada ekpresi wajah, suara dan gerakan tubuh orang
lain dan ia mampu memberikan respon secara efektif dalam berkomunikasi.
Kecerdasan ini juga mampu untuk masuk ke dalam diri orang lain, mengerti dunia
orang lain, mengerti pandangan, sikap orang lain dan umumnya dapat memimpin
kelompok.
Ø
Kecerdasan
intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan
pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri
sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri. Orang
yang memilki kecerdasan ini sangat menghargai nilai (aturan-aturan) etika
(sopan santun) dan moral.
· Pengertian model
pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode
pembelajaran, teknik dan taktik pembelajaran.
Ø
Model pembelajaran
adalah bentuk pembelajaran yang berupa yang tergambar dari awal sampai akhir
pembelajaran.
Ø
Pendekatan
pembelajaran adalah acuan dalam mengidentifikasi suasana pembelajaran. Contoh:
pembelajaran yang dipusatkan pada siswa (student
centered) atau pembelajaran yang dipusatkan pada guru (teacher centered).
Ø
Strategi pembelajaran
adalah menentukan cara penyampaian pembelajaran berdasarkan pendekatan yang
telah ditentukan. Strategi pembelajaran ditentukan berdasarkan karakteristik
peserta didik.
Ø
Metode pembelajaran
adalah langkah-langkah operasional untuk mewujudkan strategi yang sudah ditentukan. Contoh: ceramah,
diskusi, simulasi, dan sebagainya.
Ø
Teknik pembelajaran
adalah cara spesifik yang digunakan untuk mengimplementasikan metode pembelajaran
yang sudah ditentukan. Contoh: teknik eksplorasi, elaborasi atau konfirmasi.
Ø
Taktik pembelajaran
adalah memperbaiki atau memperhalus teknik pembelajaran yang digunakan agar
suasana pembelajaran berlangsung menarik dan menyenangkan.
Kesemua hal tersebut yang meliputi pendekatan
pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik dan taktik
pembelajaran seluruhnya terangkum dalam suatu rangkaian bentuk yang disebut
model pembelajaran.
terimakasih atas infonya,
BalasHapusok.. sama2..
BalasHapus