Rabu, 14 September 2016

KECENDERUNGAN MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21

Dosen  : Dr. Syamsurizal, M.Si

Pertemuan III (Sabtu, 10 September 2016)
 Ciri-ciri abad 21:
1.      Informasi
*      Informasi pada abad 21 lebih mudah didapat, karena tersedia dimana saja dan kapan saja.  Informasi diperoleh dari suatu data dan fakta, dan bila dikembangkan akan menjadi pengetahuan.
*  Pada proses pembelajaran abad 21, siswa tidak lagi bertindak sebagai penerima informasi, tetapi sebagai pencari informasi. Informasi dapat diperoleh dari berbagai sumber observasi.
*   Model pembelajaran yang tepat diterapkan pada abad 21 adalah model pembelajaran Inquiry dan Discovery.
*      Ada 3 syarat model pembelajaran inquiry dan discovery kondusif untuk diterapkan, yaitu:
      a.   Adanya fasilitas, misalnya: internet
      b.      Intake (prasyarat pengetahuan) yang dimilki siswa dan guru
      c.       Skill ( keterampilan) guru dalam mengelola pembelajaran.
Contoh: guru harus memiliki keterampilan dalam bertanya, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu pada diri siswa yang akhirnya memotivasi siswa untuk mencari/menggali informasi sendiri.
2.      Komputasi
*      Dengan adanya komputer, bekerja dan menghitung menjadi lebih cepat.
*      Pembelajaran diarahkan untuk mampu merumuskan masalah (menanya), bukan hanya menyelesaikan masalah atau menjawab.
3.      Otomasi
*      Menjangkau segala pekerjaan rutin.
*  Pembelajaran diarahkan untuk berpikir analitis dalam pengambilan keputusan, bukan berpikir mekanistis (rutin).
*      Model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan adalah Problem Based Learning (PBL). 
4.      Kominukasi
*      Pembelajaran yang menekankan pentingnya kerjasama dan kolaborasi dalam menyelesaikan masalah.

*      Pembelajaran abad 21 sangat membutuhkan tekhnologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar