Rabu, 14 September 2016

PENGERTIAN TES, PENGUKURAN, PENILAIAN DAN EVALUASI

Dosen  : Dr. Syamsurizal, M.Si

Pertemuan II (Sabtu, 03 September 2016)
Evaluasi Pembelajaran
Pada pertemuan kedua ini materi yang dibahas adalah Evaluasi Pembelajaran. Namun sebelumnya,  pertama-tama dosen memberi gambaran secara umum tentang apa saja yang perlu diketahui sehubungan dengan suatu proses evaluasi. Hal tersebut meliputi tes, pengukuran, penilaian dan evaluasi itu sendiri.
Untuk memudahkan suatu pemahaman tentang pengertian tes, pengukuran, penilaian dan evaluasi kami diberi sebuah cerita yang mengisahkan tentang seorang dokter yang menangani pasiennya, yang mana di dalam cerita tersebut tergambar analogi suatu penerapan proses kegiatan yang terjadi di dalam evaluasi. Berikut ceritanya:
Seorang dokter memeriksa pasiennya dengan menggunakan stetoskop dan termometer. Melalui alat tersebut ia mengetahui bahwa detak jantung korban lebih cepat dari detak jantung normal dan suhu tubuhnya yang terlihat dari termometer adalah 390C. Dari hasil pemeriksaan tersebut dokter menyimpulkan bahwa si pasien mengalami demam. Untuk itu, si pasien harus mendapatkan penanganan di UGD.
Dari cerita tersebut didapat hasil analisis bahwa:
1.      Pemeriksaan pasien dengan stetoskop dan termometer = tes
      stetoskop dan termometer = instrumen tes
2.      Suhu tubuh yang ditunjukan 390C = pengukuran      
3.      Kesimpulan dokter yang menyatakan bahwa pasiennya mengalami demam = penilaian
4.     Rujukan dokter terhadap pasien agar segera mendapatkan penanganan/perawatan di UGD = evaluasi
Nah, dari analisis analogi cerita di atas dapat disimulkan bahwa:
1.      Tes adalah seperangkat pertanyaan, alat atau prosedur yang digunakan untuk mengetahui sesuatu.
2.      Pengukuran adalah suatu proses untuk mengetahui kuantitas sesuatu. Pengukuran juga dapat diartikan sebagai proses membandingkan sesuatu dengan satu ukuran tertentu. Hasil pengukuran dapat berupa angka-angka yang menyatakan jumlah (kuantitas).
3.  Penilaian adalah suatu proses untuk mengetahui kualitas sesuatu. Penilaian juga dapat diartikan sebagai keputusan yang diambil berdasarkan hasil pengukuran. Keputusan tersebut dapat berupa ukuran Baik atau Buruk.
Penilaian memiliki standar untuk menggolongkan sesuatu, misalnya: pada hasil pembelajaran ada nilai yang di bawah KKM, ada nilai yang sama  dengan KKM dan ada nilai yang di atas KKM. Jadi, KKM itulah yang menjadi dasar penggolongan siswa dalam hal pemberian tindak lanjut hasil pembelajaran.

4.  Evaluasi adalah serangkaian proses atau kegiatan sistematis yang merupakan tindak lanjut yang dilkukan berdasarkan hasil tes, pengukuran dan penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar