Jumat, 09 September 2016

SUMMARY PERKULIAHAN
MATA KULIAH MODEL DAN EVALUASI PEMBELAJARAN

Dosen  : Dr. Syamsurizal, M.Si

Pertemuan I (Sabtu, 27 September 2016)
·         Pengertian Belajar
Belajar adalah  usaha sadar dan sengaja yang dilakukan oleh setiap individu untuk mengalami perubahan. Perubahan yang dimaksud di sini bisa berupa kemampuan (kognitif), keterampilan (psikomorik) ataupun sikap (afektif).
Tanpa adanya rasa sadar akan pentingnya menguasai suatu ilmu, maka proses belajar tidak akan berlangsung dengan baik. Jadi, untuk mencapai hasil belajar yang maksimal maka dalam diri setiap individu harus ditumbuhkan rasa sadar. Adanya rasa sadar akan pentingnya suatu ilmu akan memunculnya rasa ingin tahu pada diri setiap individu.
Dengan kata lain, proses belajar itu haruslah dimulai secara intrinsik.
Pada dasarnya, manusia memiliki potensi kecerdasan yang berbeda-beda dan melalui proses belajar maka kecerdasan itu akan terasah.
·         Ada 8 macam kecerdasan manusia, yaitu:
1.      Kecerdasan lingustik
2.      Kecerdasan kinestetik
3.      Kecerdasan logika matematik
4.      Kecerdasan musik
5.      Kecerdasan visual dan spasial
6.      Kecerdasan natural
7.      Kecerdasan interpersonal
8.      Kecerdasan intrapersonal
Ø    Kecerdasan linguistik adalah kemampuan dalam menggunakan kata-kata baik secara lisan ataupun tertulis. Contoh:
Ø   Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan dalam menggunakan seluruh anggota tubuh, atau bagian tubuh (seperti tangan atau mulut), untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan. Contoh: penari.
Ø     Kecerdasan logika matematik adalah kemampuan dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi yang masuk akal.
Ø Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Hal ini meliputi adanya kepekaan terhadap irama,  ketukan, nada, melodi dan warna nada. Bisa menghasilkan kemampuan untuk menyanyi, memainkan alat musik, dan menulis musik  ataupun menulis musik.
Ø  Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat). Visual artinya gambar, spasial yaitu hal-hal yang berkenaan dengan ruang atau tempat. Kecerdasan ini melibatkan kesadaran akan warna, garis, bentuk, ruang, ukuran dan juga hubungan di antara elemen-elemen tersebut. Kecerdasan ini juga melibatkan kemampuan untuk melihat obyek dari berbagai sudut pandang.
Ø   Kecerdasan natural adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun lingkungan. Intinya adalah kemampuan manusia untuk mengenali tanaman, hewan dan bagian lain dari alam semesta.
Ø  Kecerdasan interpersonal ialah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Peka pada ekpresi wajah, suara dan gerakan tubuh orang lain dan ia mampu memberikan respon secara efektif dalam berkomunikasi. Kecerdasan ini juga mampu untuk masuk ke dalam diri orang lain, mengerti dunia orang lain, mengerti pandangan, sikap orang lain dan umumnya dapat memimpin kelompok.
Ø  Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri. Orang yang memilki kecerdasan ini sangat menghargai nilai (aturan-aturan) etika (sopan santun) dan moral.
·  Pengertian model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik dan taktik pembelajaran.
Ø  Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang berupa yang tergambar dari awal sampai akhir pembelajaran.
Ø  Pendekatan pembelajaran adalah acuan dalam mengidentifikasi suasana pembelajaran. Contoh: pembelajaran yang dipusatkan pada siswa (student centered) atau pembelajaran yang dipusatkan pada guru (teacher centered).
Ø  Strategi pembelajaran adalah menentukan cara penyampaian pembelajaran berdasarkan pendekatan yang telah ditentukan. Strategi pembelajaran ditentukan berdasarkan karakteristik peserta didik.
Ø  Metode pembelajaran adalah langkah-langkah operasional untuk mewujudkan strategi  yang sudah ditentukan. Contoh: ceramah, diskusi, simulasi, dan sebagainya.
Ø  Teknik pembelajaran adalah cara spesifik yang digunakan untuk mengimplementasikan metode pembelajaran yang sudah ditentukan. Contoh: teknik eksplorasi, elaborasi atau konfirmasi.
Ø  Taktik pembelajaran adalah memperbaiki atau memperhalus teknik pembelajaran yang digunakan agar suasana pembelajaran berlangsung menarik dan menyenangkan.

Kesemua hal tersebut yang meliputi pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik dan taktik pembelajaran seluruhnya terangkum dalam suatu rangkaian bentuk yang disebut model pembelajaran.


2 komentar: